Rabu, 14 Desember 2011

AWAL KARIR S L A N K

Category: Sejarah | February 13, 2011 | by: slankadmin

Cikal bakal lahirnya SLANK ditandai dengan perkenalan Bimo Setiawan Almachzumi (Bimbim) dengan Bongky Marcel Ismail (Bongky) pada awal tahun 80-an. Bimbim adalah drummer sebuah grup band bernama Cikini Stones Complex (CSC), yang sering memainkan lagu-lagu Rolling Stones. Band ini merupakan embrio atau cikal bakal dari Slank nantinya.

Sementara Bongky adalah gitaris dari Rese’ Band. Karena jenuh terlalu sering memainkan lagu-lagu milik orang lain, akhirnya menjelang akhir tahun 1983, Bimbim membubarkan Cikini Stones Complex (CSC) dan sepakat membentuk SLANK bersama Bongky. SLANK sendiri diambil dari kata SLENGE’AN yang bisa jadi karena merujuk pada ulah Bimbim dan Bongky yang memang super cuek.

26 Desember 1983 SLANK Formasi I terbentuk, dengan personel Bimbim (Ex. Cikini Stones Complex) sebagai drummer, Bongky (Ex. Rese’ Band) sebagai gitaris, Kiki (Ex. Cikini Stones Complex) sebagai gitaris, Denny ”BDN” (Ex. Red Evil) sebagai bassis, dan Erwan (Ex. Red Evil) sebagai vokalis. Selama kurang lebih dalam kurun waktu 6 tahun (1983-1989) SLANK kerap bergonta-ganti personel. Antara lain :

·SLANK Formasi II (1984)

-Bimbim (Drum)

-Bongky (Gitar)

-Denny “BDN” (Bass)

-Erwan (Vokal)



·SLANK Formasi III (1985)

-Bimbim (Drum)

-Bongky (Gitar)

-Denny “BDN” (Bass)

-Adri Shidarta (Keyboard, Ex. Strawberry Band)

-Erwan (Vokal)

·SLANK Formasi IV (1985)

-Bimbim (Drum)

-Bongky (Gitar)

-Denny “BDN” (Bass)

-Adri Shidarta (Keyboard)

-Uti (Vokal, Ex. Cikini Stones Complex)

·SLANK Formasi V (1986)

-Bimbim (Drum)

-Bongky (Gitar)

-Denny “BDN” (Bass)

-Adri Sidharta (Keyboard)

-Well Welly (Vokal, Ex. Cikini Stones Complex)

·SLANK Formasi VI (1987)

-Bimbim (Drum)

-Bongky (Gitar)

-Denny “BDN” (Bass)

-Andre (Keyobard)

-Well Welly (Vokal)

·SLANK Formasi VII (1987)

-Bimbim (Drum)

-Bongky (Gitar)

-Imanez (Bass, Ex. Metal Crew)

-Denny “BDN” (Vokal)

·SLANK Formasi VIII (1988)

-Bimbim (Drum)

-Bongky (Gitar)

-Denny “BDN” (Bass)

-Pay (Gitar, Ex. Navy Punk)

-Sammy (Vokal)

·SLANK Formasi IX (1988)

-Bimbim (Drum)

-Anto (Gitar)

-Imanez (Bass)

-Denny “BDN” (Vokal)



·SLANK Formasi X (1988)

-Bimbim (Drum)

-Imanez (Gitar)

-Tole (Bass)

-Adri Shidarta (Keyboard)

-Andy Liany (Vokal)

·SLANK Formasi XI (1988)

-Bimbim (Drum)

-Imanez (Gitar)

-Tole (Bass)

-Adri Shidarta (Keyboard)

-Nita Tilana (Vokal)

·SLANK Formasi XII (1988)

-Bimbim (Drum)

-Pay (Gitar)

-Imanez (Bass)

-Indra Q (Keyboard, Ex. Chivas)

-Well Welly (Vokal)

·SLANK Formasi XIII (1989)

-Bimbim (Drum)

-Pay (Gitar)

-Bongky (Bass)

-Indra Q (Keyboard)

-Kaka (Vokal, Ex. Lovina)



Berawal dari Formasi Ke-13 inilah kemudian SLANK mulai membuat demo untuk ditawarkan ke perusahaan rekaman. Kemudian datanglah tawaran kerjasama dari Macank, pemilik studio rekaman Triple-M untuk bikin album. Akan tetapi baru menggarap lima lagu, datang Budi Soesatio yang berani menawarkan kontrak secara profesional melalui label Project Q. Boedi Soesatio sendiri merupakan teman dekat dari ayah Indra, keyboardist Slank.

Menurut Boedi, lagu-lagu yang dibawakan Slank saat itu cukup unik dan berbeda dengan grup band lainnya yang ada saat itu. Tahun 1990 SLANK menggebrak dunia musik Indonesia dengan mengeluarkan album perdana, “Suit-suit He…He… (Gadis Sexy)”. Tampil cuek, musik seadanya, dan lirik yang spontan. SLANK mewabah dimana-mana.

Lagu andalan yang terdapat dalam album tersebut, antara lain Maafkan, Memang, Apatis Blues, dan Suit-suit He..He.. Gadis Sexy. Dalam album ini Slank membawakan lagu dengan berbagai macam tema, seperti cinta, party, hingga kritik sosial, seperti yang terdapat dalam lagu Memang dan Apatis Blues. Album ini menyabet gelar BASF Best Selling Album 1990-1991 kategori Musik Rock.

Tahun 1992 SLANK melepas album kedua bertitel ”Kampungan”. Kali ini makin cuek, cara bermusik mereka makin sableng, mencengangkan, tapi mengisyaratkan kecerdasan. Hal ini bisa dilihat dalam lirik lagu “Kampungan” itu sendiri. Selain lagu Kampungan juga terdapat lagu ”Nina Bobo” yang hanya berdurasi 34 detik! Idenya diambil waktu Indra Q (Keyboard) sedang tertidur pulas di studio. Dengkuran kerasnya direkam keempat sohibnya.

Lagu andalan yang sangat terkenal dan semakin mengangkat nama Slank dalam dunia musik tanah air adalah Terlalu Manis dan Mawar Merah. Lagi-lagi album ini laku keras dan mampu menyabet penghargaan BASF Best Selling Album 1991-1992 kategori Pop Rock.

Selepas album kedua diluncurkan, Slank mendapatkan cobaan. Para personel slank mulai terjerat narkotika. Berawal dari sebuah coba-coba, dan berujung pada ketagihan. Hingga Bimbim, Kaka, Pay, dan Indra menjadi pecandu berat. Namun di terngah kondisi tersebut, Slank mampu mengeluarkan album ketiga SLANK ”Piss” tahun 1993. Beberapa lagu andalan dalam album ini adalah Kirim Aku Bunga, Anyer 10 Maret, dan Percuma. Sambutannya sama heboh dengan album-album sebelumnya. SLANK meraih penghargaan BASF Selling Album 1992-1993 kategori Rock Alternatif.

Tahun 1994 SLANK mulai melakukan reformasi. Slank memilih jalan baru dalam bermusik, yakni menjadi indie label. Manajemen baru didirikan, ”Pulau Biru Production”, dan bendera rekaman baru dikibarkan, ”Piss Record”. Dibawah bendera Piss Record SLANK berhasil meluncurkan album keempat ”Generasi Biru”. Album ini mampu meraih BASF Double Platinum Album untuk kategori Penjualan Album Rock Terlaris Tahun 1994-1995. Dalam album ini lagi-lagi Slank membawakan tema lagu yang beraneka ragam. Mulai dari cinta, hingga kritik sosial. Sebagi contoh lagu Kamu Harus Pulang, Reaksi, Terbunuh Sepi, dan Hey Bung!!

Sukses SLANK tidak berhenti hingga album keempat. Pada tahun 1995 Slank meluncurkan album kelima berjudul “Minoriras”. Aroma keretakan antar personel pun mulai terjadi. Pengaruh narkoba membuat masing-masing personel bersikap apatis. Selain itu, masing-masing personel Slank memiliki kesibukan sendiri. Seperti membantu produksi album penyanyi lain, sehingga SLANK pun sedikit terlantar. Karena sering terjadi misscomunication antar personel, akhirnya Bimbim selaku leader band memutuskan agar SLANK vakum terlebih dahulu, dan melayangkan surat pemecatan terhadap tiga personel SLANK, yakni Bongky, Indra, dan Pay. Hal ini dilakukan karena kondisi saat itu sudah sangat parah. Di mana kreativitas dan ekspresi bermusik mereka semakin terbatas dan dapat membahayakan SLANK itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar